Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer atau kebutuhan pokok bagi semua orang. Tentu saja kamu harus memperhatikan kain yang bagus dan berkualitas. Berbeda dengan dulu saat ini kamu pastinya lebih mudah mendapat berbagai jenis pakaian yang kamu inginkan. Karena seperti yang diketahui bahwa pabrik konveksi kini semakin banyak dan berkembang.

Inilah Tips Cara Memilih Kain Yang Berkualitas

Bagi kamu penggemar pakaian tentunya memiliki pakaian dengan kualitas terbaik merupakan sebuah keharusan. Banyak faktor sebuah baju atau pakaian bisa dikatakan berkualitas, bisa dari sisi bahan, jahitan maupun merk. Hal utama yang dilakukan untuk memilih bahan pakaian yang bagus dan berkualitas adalah dengan menentukan jenis kain. Lakukan beberapa hal saat kamu memilih kain di toko bahan pakaian, agar kamu tidak menyesal memilih bahan. Karena kenyamanan dalam berpakaian dapat dilihat dari pemilihan Jenis kainya. Berikut tips memilih kain yang benar:

  • Tentukan jenis kain

Tips memilih kain yang pertama ini menentukan jenis kain yang akan dibeli. Jenis kain dikategorikan dalam berbagai golongan, dari yang serat alami, sintetis, ataupun campuran. Serat alami biasanya mempunyai harga lebih mahal dibandingkan kain sintetis. Jadi memang penting kamu lakukan agar tidak merasa bingung saat ditoko kain mengingat jenis kain beragam. Misal saat kamu ingin membuat baju kaos fokuslah dalam memilih bahan untuk membuat kaos tersebut.

  • Terawang

Kamu perlu menerawang kain yang kamu beli, dengan menerawang kamu dapat mengetahui benang yang digunakan kasar atau lembut. Kamu juga dapat mengusap dengan tangan mengenai bagaimana serat kain tersebut. Apabila nampak mengkilap bisa jadi terdapat campuran bahan polyester yang memiliki kekurangan akan terasa panas saat digunakan. Bisa memperhatikan kerapatan tenunan jika semakin rapat tenunanya maka akan semakin berkualitas.

  • Perhatikan warna kain

Warna kain yang berkualitas baik untuk kamu jadikan baju yaitu rapat dan tidak pudar. Biasanya kain yang memiliki kualitas bagus memiliki warna yang rata serta terlihat halus. Tidak mempunyai bercak putih yang bisa menimbulkan kesan warna terlihat pudar. Apabila menemukan warna kain memudar maka pewarna yang digunakan kurang berkualitas. Kamu bisa mengetes kain tersebut dengan cara menggesek-gesekan kain satu dengan kain lain. Jika warna kain tersebut berubah maka kualitas tersebut kurang baik dan kamu bisa memilih bahan lain.

  • Kelenturan kain

Kualitas kain yang baik memiliki ciri-ciri bertekstur lemas dan jatuh serta memiliki bobot yang berat. Kain yang memiliki kualitas baik tidak mudah kusut ketika diremas. Kebanyakan kain yang berkualitas rendah akan terlihat mudah sekali kusut.

  • Harga

Salah satu tips memilih kain yang perlu kamu pertimbangkan adalah dari aspek harga. Jenis kain dengan harga yang mahal bukan menjadi tolak ukur apakah kain tersebut berkualitas. Tentunya kamu harus mengetahui berapa harga pasaran untuk jenis kain yang kamu pilih. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah membandingkan harga kain. Jika kamu memilih kain berkualitas baik maka harga semakin mahal. Tetapi jika memilih kain dengan kualitas rendah maka harga akan murah.

Diatas adalah beberapa tips memilih kain yang berkualitas yang perlu kamu perhatikan. Agar mendapatkan kain atau bahan yang berkualitas agar nyaman saat digunakan untuk menghindari penyesalan. Karena memang setiap jenis bahan yang ada memiliki kualitas yang berbeda. Semoga penjelasan kami mengenai jenis bahan untuk membuat pakaian diatas bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan kamu.