APA AJA SIH PERBEDAAN MOTOR MATIC, MOTOR BEBEK, DAN MOTOR SPORT?

Dengan berkembangnya teknologi masa kini, sepeda motor yang ada di pasaran banyak jenis dan model nya. Wajar saja jika saat ini berbagai macam model motor yang memiliki keunggulan tersendiri. Motor merupakan kendaraan roda dua yang digunakan untuk melakukan kegiatan perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat. Motor ini memang sejak dahulu sudah ada, namun tidak secanggih motor masa kini. Saat ini motor sudah dirancang dengan berbagai desain dan model nya. Model motor canggih saat ini seperti motor matic, motor bebek dengan modif kekinian, motor sport, motor manual, motor kopling, dan masih banyak lainnya.

Perbedaan Motor Matic, Motor Bebek, Dan Motor Sport

Dengan semakin banyaknya jenis motor saat ini memang dalam memilih motor tidaklah mudah. Karena dari beragam motor yang ada di dealer memiliki keunggulan masing-masing. Sehingga hal ini memang membuat para konsumen yang ingin membeli motor merasa kebingungan dalam membeli motor yang sesuai. Motor pada umumnya ini terbagi menjadi tiga macam yaitu motor matic, motor bebek, dan motor sport. Jika anda ingin membeli motor, dan masih bingung motor yang terbaik itu seperti apa dan seperti apa perbedaannya dari ketiga jenis motor tersebut? Maka simak penjelasan berikut ini;

  • Tangki bensin

Dalam tangki bensin motor, motor sport ini memang memiliki perbedaan yang menjadi perhatian daripada motor matic dan motor bebek. Pada motor bebek dan motor matic ini posisi tangki bensin berada di bawah jok pengendara. Sedangkan tangki bensin pada motor sport ini berada di bagian depan jok dan posisinya lebih mencolok. Dalam segi kapasitas tangki motor sport ini juga memiliki kapasitas lebih besar sekitar 10 liter lebih.

 

  • Sistem transmisi

Ketika melihat dari sisi transmisi nya, motor bebek dan motor sport ini hampir semua mesin nya menggunakan transmisi manual yang memakai gear atau mengendalikan gigi. Untuk motor matic ini transmisinya menggunakan sistem otomatis. Sehingga ketika menggunakan motor matic ini hanya dengan menarik gas motor, sehingga dapat langsung melaju. Motor matic ini memang dilengkapi dengan sistem penggerak roda yang dapat berjalan otomatis. Dan biasanya dikenal dengan CVT (Continuously Variable Transmission). Sedangkan motor bebek menggunakan sistem transmisi manual, sehingga ketika anda menggunakannya harus mengatur perpindahan gigi. Motor sport ini dilengkapi dengan tuas kopling samping kiri, yang berfungsi dapat mengatur perpindahan gear secara halus.

 

  • Sistem rem

Untuk motor matic ini memiliki tuas rem yang terletak di stang motor bagian kanan dan kiri. Sedangkan rem motor bebek dan motor sport ini tuas rem berada di stang bagian kanan dan bagian bawah kaki kanan.

 

  • Biaya perawatan

Tentu saja dalam biaya perawatan ini berbeda, untuk perawatan motor sport ini memang memiliki perawatan yang lebih tinggi dibanding kedua motor lainnya. Yang kedua itu motor matic yang memiliki mesin lebih tertutup daripada motor bebek. Motor matic ini jika mengalami kerusakan maka biaya yang dikeluarkan lebih mahal daripada motor bebek. Untuk motor sport, spare part-nya sangat awet ketika digunakan. Akan tetapi, saat masa pergantian maka juga butuh pengeluaran yang cukup tinggi.

 

Demikian, perbedaan dari ketiga motor tersebut yang dapat anda pertimbangkan dengan matang agar tidak salah pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *